0812 9055 9055
0812 9055 9055
0812 9055 9055
5E7A 0F63

0812 9055 9055, Penyebab MENTAL BLOCK

Monday, September 5th 2016. | Uncategorized

http://pelatihansdm.id

?Sambungan artikel mental block yang semalam?

……………………………………….

PENYEBAB MENTAL BLOCK
Menurut bpk Adi W. Gunawan dalam bukunya The Secret of Mindset, bila kita hendak mengubah diri kita yang harus kita ubah adalah belief kita. Kualitas hidup manusia berbanding lurus dengan kualitas belief atau belief system yang ada dipikiran bawah sadar kita. Belief atau keyakinan yang salah dan menyimpanglah yang memiliki kontribusi untuk terciptanya mental block. Keyakinan-keyakinan yang salah itu dapat hadir karena :
1.  Bad Self Image

Citra diri berarti penggambaran tentang kondisi diri yang merupakan hasil akumulasi gambaran yang kita ciptakan dan telah terpatri dalam otak bawah sadar kita. Dia erat kaitannya dengan self esteem atau seberapa tinggi kita menghargai, menilai dan menghormati diri kita sendiri. Semakin kita menghargai diri kita sendiri maka itu berarti kita memiliki citra diri yang postif, begitu juga sebaliknya jika kita tidak mau menghargai diri kita sendiri apa adanya berarti kita termasuk orang yang memiliki citra diri yang buruk.
Jack Canfield, pakar kepercayaan diri asal Amerika Serikat dan penulis buku melaporkan hasil riset yang dilakukan terhadap seorang anak mengenai berapa banyak komentar positif dan negatif yang diterimanya. Hasilnya, rata-rata setiap anak menerima 460 komentar negatif dan hanya 75 komentar positif. Komentar-komentar yang negatif akan membawa seseorang merasa memang seperti itulah kondisinya sehingga akan menghambat mereka untuk bisa maju.
2. Bad Experience

Pengalaman buruk atau dalam dunia psikologi traumatic syndrome yang terjadi pada masa lalu, bisa dialami oleh dirinya sendiri atau orang lain yang menyebabkan dirinya sulit untuk menerima keadaan yang sebenarnya. Sehingga menjadikan dirinya sulit dalam pengambilan keputusan dan cenderung menjadi orang penakut untuk melakukan sesuatu yang memiliki hubungan dengan pengalaman buruknya. Apalagi jika itu telah merasuk dalam alam bawah sadarnya dan telah berlangsung cukup lama, akan menjadi sesuatu yang sulit untuk disembuhkan kecuali orang tersebut memiliki keinginan yang kuat untuk sembuh. Seperti halnya gajah, bisa jadi apa yang terjadi pada masa lalu kita tidak mampu mengatasinya karena berbagai hal seperti ilmu kita yang kurang, tidak adanya kekuasaan dan kekuatan yang dimiliki, tidak ada seorang teman dan sebagianya. Seiring waktu dan usia yang terus bertambah, apa salahnya untuk anda mencoba lagi sesuatu yang menghalangi anda untuk meraih kesuksesan.
3. Bad Environment

Lingkungan, secara sosio-kultural berarti mencakup segenap stimulasi, interaksi dan kondisi eksternal dalam hubungannya dengan perlakuan ataupun karya orang lain terhadap individu. Lingkungan yang buruk berarti lingkungan yang yang dapat membuat dan mempengaruhi seseorang kearah negatif dan pada akhirnya menjadi negatif. Orang yang optimis, positive thingking dan punya motivasi kuat jika berada di lingkungan yang buruk lambat laun akan terkontaminasi dan tereduksi pada hal-hal yang buruk, sehingga nilai-nilai luhurnya itu pun bisa luntur. Lingkungan yang buruk juga dapat menjadi penghambat orang untuk bisa menjadi orang yang berhasil.
4. Bad Reference

Rujukan yang buruk hanya akan menyebabkan seseorang menjadi terhambat mentalnya untuk melangkah maju. Hal ini dapat terjadi karena ketidakmampuan dalam menyaring atau menolak dengan tegas rujukan-rujukan yang sebenarnya tidak dapat mengantarkannya pada gerbang kesuksesan dan yang paling menyedihkan adalah jika seseorang tersebut tidak menyadari bahwa selama ini dia memiliki sumber rujukan yang menghambat dirinya untuk sukses dan maju.
5. Bad Education

Otak seorang anak hingga usia enam atau tujuh tahun adalah bagaikan spons terhadap air yaitu mampu menyerap air dengan cepat dan dalam kapasitas banyak. Jika kita tidak berhati-hati dalam mendidik anak pada usia ini, maka kemungkinan anak tersebut akan menjadi manusia yang sulit dalam menghadapi kehidupan saat dewasa kelak. Diantara virus yang tertanam sejak kecil adalah saat anak jatuh saat berjalan atau berlari. Biasanya yang menjaganya akan menyalahkan penyebab dia jatuh atau orang sekitar yang lalai mengawasinya atau bahkan orang yang tidak tahu apa-apa ikut disalahkan oleh orangtuanya. Kebiasaan dalam mendidik yang selalu menyalahkan lingkungan ketika mengalami kegagalan atau musibah, membuat mental anak menjadi tidak baik.
………………………………………

#Bersambung
Tunggu sambungannya nanti sore.
Bunda meeting dulu dgn klien ya
Insyaallah nanti sore kita bahas tentang : 
BAGIAN TERINFEKSI MENTAL BLOCK

Artikel lain 0812 9055 9055, Penyebab MENTAL BLOCK